Thursday, May 23, 2013

Keutamaan Tilawah Al-Qur'an

Bismillaah

Sekedar meriview materi yang pernah saya dapatkan di halaqoh, tentang keutamaan tilawah (membaca Al-Qur'an). Seperti yang sudah kita ketahui Al-Qur'an adalah Kalamullaah (firman Allaah) yang yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alayhi wasallam melalui Malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat islam sebagai pedoman dan pondasi hidup. Namun, sangat miris ketika Al-qur'an hanya sebatas punya dan pajangan di rumah saja. Padahal banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca Al-qur'an. 



إِ
نَّ هَذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا
Artinya : “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra : 9)


وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ خَسَارًا
Artinya : “Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al Isra : 82)


لَوْ أَنزَلْنَا هَذَا الْقُرْآنَ عَلَى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya : “Kalau sekiranya kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.” (QS. Al Hasyr : 21)

Lalu, apa Alasan Membaca Al-Qur'an?
1. Al-Qur'an merupakan Minhajul Hayat (Pedoman Hidup)
2. Al-Qur'an adalah ruh bagi orang yang beriman
3. Al-Qur'an sebagai zikir (QS. 36:69)
4. Al-Qur'an sebagai sumber ilmu pengetahuan
5. Al-Qur'an sebagai bekal dakwah (QS. Al Baqarah:121, QS. Al-Fathir:29)
6. Orang yang mebaca Al-Qur'an akan diangkat derajatnya oleh Allaah Subhanahu wata'ala.

Tidak dipungkiri, sebagai manusia kondisi iman seringkali naik dan turun. Kadang  ketika iman sedang naiknya rajin sekali membaca Al-Qur'an, begitu juga sebaliknya.
Berikut tips untuk membiasakan membaca Al-Qur'an:
1. Memiliki azzam (niat) yang kuat untuk bisa membaca 1 juz/ hari (minimal 1 lembar/hari)
2. Melatih diri dan mempertahankan 1 juz/ hari 
3. Mengkhususkan waktu untuk tilawah Al-Qur'an
4. Usahakan berwudhu sebelum tilawah Al-Qur'an
5. Memberi iqob (hukuman) kepada diri sendiri jika tidak mencapai target

Mudah-mudahan dengan tips diatas, bisa menambah semangat kita untuk tetap istiqomah dalam mengamalkan tilawah Al-Qur'an juga mengamalkan apa-apa yang terkandung didalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Wallahua'lam. 
Semoga Manfaat.


No comments:

Post a Comment